Search
  • Marketing Eden Farm

Eden Farm Raih Pendanaan Seri A US$19 Juta dariAppWorks dan AC Ventures untuk Tingkatkan Ekosistem




JAKARTA, INDONESIA, 08 NOVEMBER 2021—Eden Farm, perusahaan agritech Business to Business (B2B) yang berkembang pesat merevolusi ekosistem pangan Indonesia, hari ini mengumumkan penutupan pendanaan Seri A senilai US$ 19 juta yang dipimpin oleh AppWorks dan AC Ventures, dengan partisipasi dari Trihill Capital, OCBC Ventures, Investible, Corin Capital dan existing investor, Global Founders Capital. Mengusung misi Feeding the Nation, Eden Farm telah membangun jaringan distribusi pangan terintegrasi sejak 2017 dan berhasil menyederhanakan rantai pasokan untuk meningkatkan margin dengan mengurangi harga dan memotong perantara, memberikan demand forecast yang akurat bagi petani dengan menerapkan akselerasi digital, dan mencapai prediktabilitas produksi.


Selain mampu memenuhi kebutuhan pelanggan dengan produk berkualitas tinggi dan harga yang lebih rendah, Eden Farm juga telah mendukung kesejahteraan para petani dengan memberikan permintaan yang konsisten dan prediksi demand yang akurat sehingga pendapatan mereka dapat meningkat hingga lebih dari 200%. Di sisi lain, Eden Farm juga meringankan beban para pelanggan dengan memberikan harga yang sangat bersaing, hingga mampu menurunkan biaya pangan hingga 30%. Eden Farm memiliki sistem operasional yang kuat dengan pengadaan produk langsung dari petani, menciptakan pertahanan di bidang pertanian hulu dan daya tarik pertumbuhan melalui pasar B2B yang beragam.


Fokus pada pasar B2B, Eden Farm memasok bahan makanan berkualitas tinggi ke berbagai segmentasi pelanggan, termasuk hotel, restaurant & cafe (HORECA), pasar tradisional, dan eCommerce. Saat ini, Eden Farm melayani 53.000 pelanggan dan bermitra dengan lebih dari 2.000 petani di pulau Jawa. Untuk mendukung rantai pasok, Eden Farm memiliki lima Eden Fulfillment Center (EFC) di lokasi-lokasi strategis dan didukung oleh 400 rekanan supplier untuk memastikan ketersediaan produk.


Eden Farm merupakan perusahaan rintisan David Setyadi Gunawan (CEO), Ramavito Mountaino (CFO), dan Febrianto Gamal (COO), yang mengenyam pendidikan MBA bersama. Ketiga founder Eden Farm merupakan para entrepreneur berpengalaman yang sempat mendirikan perusahaan di bidang logistik. Berbekal latar belakang yang kuat di bidang kewirausahaan, didukung dengan sistem operasional tim yang kuat, serta jam terbang yang signifikan di lapangan, tim Eden Farm memiliki empati, wawasan, dan semangat yang besar untuk membangun ruang pertanian di Indonesia.


“Tim Eden Farm telah menunjukkan kemampuan bertahan di pasar dengan keahlian operasional, empati yang kuat untuk petani dan pelanggan, dan pengetahuan yang luar biasa dalam lingkup agritech. Eden Farm telah membuktikan bahwa mereka coachable dan memiliki visi yang kuat untuk masa depan pertanian di Indonesia,” terang Jamie Lin, Chairman & Founding Partner, AppWorks. “Kami tidak sabar untuk menyaksikan perjalanan Eden Farm ke depan dan dengan senang hati mendukung Eden Farm dalam menciptakan dampak positif yang lebih besar di sektor pertanian Indonesia.” “Eden Farm fokus merevolusi rantai pasok produk segar dan menciptakan pertahanan yang kuat di bidang teknologi pertanian hulu.


Sebagai investor awal di Eden Farm, kami melihat Eden Farm telah bertumbuh dan berhasil meraih pencapaian mereka saat mereka meningkatkan demand channels dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan petani di lapangan. Kami percaya, Eden Farm dapat memimpin industri ini menuju digitalisasi dan menjadi pemimpin di bidang teknologi pertanian B2B,” ujar Adrian Li, Founder & Managing Partner AC Ventures. Menurut laporan Badan Pusat Statistik, Indonesia memiliki lebih dari 33,4 juta petani, dengan sektor pertanian berkontribusi sebesar 14% dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia atau pasar senilai US$140 miliar yang bertumbuh 12,93% per kuartal (QoQ). Namun demikian, sektor pertanian masih memiliki tantangan besar terkait efisiensi rantai pasok dan kesejahteraan petani dengan banyaknya kebocoran yang terjadi di berbagai lapis rantai pasok. F&B merupakan pasar bernilai US$92 miliar, dengan sektor makanan yang diperkirakan akan tumbuh pada CAGR sebesar 8,7%. Kehadiran Eden Farm dapat menjadi solusi untuk menciptakan ekosistem pangan komprehensif yang berkelanjutan.


Tentang Eden Farm Eden Farm merupakan salah satu perusahaan startup agritech B2B terpesat di Indonesia yang memiliki misi menciptakan food ecosystem komprehensif untuk petani maupun pasar B2B. Memanfaatkan teknologi untuk memberdayakan petani lokal dan menciptakan dampak positif di daerah pedesaan, Eden Farm terus mengupayakan penyederhanaan rantai pasok, membantu petani dalam meningkatkan konsistensi produksi melalui demand guarantee yang akurat untuk memastikan ketersediaan pasokan, dan disaat yang sama meningkatkan pendapatan petani melalui perbaikan ekonomi. Didukung investor dari 8 negara, Eden Farm saat ini beroperasi di 14 kota dan 3 kabupaten di Jawa, untuk memenuhi permintaan pangan dari pelanggan dari berbagai segmentasi pelanggan B2B.


Tentang AC Ventures AC Ventures adalah perusahaan modal ventura terkemuka di kawasan Asia Tenggara yang berinvestasi di perusahaan (startup) tahap awal yang berfokus pada pasar Indonesia dan Asia Tenggara. Memiliki misi untuk bermitra dan mendukung pengusaha melalui berbagai aspek, AC Ventures memberikan bantuan modal, pengalaman operasi, pengetahuan industri, jaringan lokal yang mendalam, serta sumber daya yang dapat membantu pengusaha dan bisnis untuk menciptakan nilai. Visi AC Ventures adalah menjadi generational partner bagi para pendiri yang mendorong perubahan positif bagi Indonesia dan sekitarnya melalui usaha yang didukung teknologi. AC Ventures mengelola lebih dari US$300 juta Asset Under Management (AUM) yang diinvestasikan di empat dana.


Sejak 2012, Mitra AC Ventures telah berinvestasi di lebih dari 100 perusahaan teknologi di Indonesia dan Asia Tenggara, termasuk pada nama-nama paling ikonik di ekosistem digital Asia Tenggara. Mitra Pendiri AC Ventures, yakni Adrian Li, Michael Soerijadji, dan Pandu Sjahrir memimpin tim yang terdiri lebih dari 20 profesional yang berkantor pusat di Jakarta, Indonesia.


Media Inquiries: For Eden Farm Tyara Putri Corporate Communications Manager, Eden Farm +62 811-160-5080 tyara.putri@edenfarm.id For AC Ventures Annisa Bella Syana.S. (Abel) Communications Associate, AC Ventures +62 822 984 22 712

169 views

Recent Posts

See All